COST TIME untuk mengetahui kemampuan awal anda dalam memahami tentang konsep biaya dan harga. Selamat mengerjakan, jangan lupa tulis nama dan kelas dengan jelas, terima kasih.
COST TIME untuk mengetahui kemampuan awal anda dalam memahami tentang konsep biaya dan harga. Selamat mengerjakan, jangan lupa tulis nama dan kelas dengan jelas, terima kasih.
A. PENGANTAR
Laporan kegiatan sangat diperlukan, sebagai administrasi dan bukti pelaksanaan kegiatan, yang meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Secara umum laporan kegiatan berfungsi sebagai berikut :
A. PENGANTAR
Break Event Point (BEP) sering disebut dengan Titik Impas atau orang awam menyebutnya Balik Modal, merupakan kondisi dimana suatu usaha mencapai posisi tidak untung dan tidak rugi atau jumlah biaya produksi sama dengan jumlah pendapatan.
A. PENGANTAR
Salah satu komponen terpenting dalam usaha/bisnis adalah biaya, hampir semua proses kegiatan produksi membutuhkan biaya, misalnya untuk pembelian bahan, pembayaran upah, transportasi, dll. Secara umum biaya merupakan besaran uang atau nilai moneter yang dikeluarkan untuk menjalankan sebuah usaha/bisnis, yang dikelompokan dalam beberapa jenis dan klasifikasi yang sering disebut dengan akuntasi biaya.
Proyek Java dimulai tahun 1991 oleh James Gosling, bernama Oak, diubah menjadi Green, akhirnya menjadi Java yang terinspirasi dari asal kopi yang diminum dari Pulau Jawa, sehingga logo Java bentuknya seperti secangkir kopi, Java versi pertama (1.0) dirilis pada tahun 1996 dan terus berkembang sampai JAVA SE 15 tahun 2020, Java merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C yang menggunakan paradigma OOP (Object Oriented Programming)
untuk menjalankan program JAVA diperlukan JVM (Java Virtual Machine) yang merupakan mesin virtual untuk menjalankan program Java, adapun proses yang dilakukan saat coding java antara lain :
Program.java
Program.java
kemudian di-compiledengan compiler (javac
) dan akan menghasilkan file Program.class
Program.class
merupakan file yang berisi bytecode yang akan dieksekusi oleh JVM, sehingga program berjalanPeralatan yang dibutuhkan untuk coding Java antara lain :
Struktur program Java secara umum dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :
{
kemudian ditutup atau diakhiri dengan }, yang diisi dengan method atau fungsi-fungsi dan juga variabel, misalnya :class NamaProgram {
public static void main(String args[]){
System.out.println("Hello World");
}
}
main()
merupakan blok program yang akan dieksekusi pertama kali, dan wajib dibuat agar bisa dieksekusi, Method main()
memiliki parameter args[]
. Parameter ini nanti akan menyimpan sebuah nilai dari argumen di command line, misalnya :public static void main(String args[]){
System.out.println("Hello World");
}
Aturan Penulisan Sintaks Java, meliputi :
class HelloWOrld {
//...
}
"..."
) untuk membuat string, misalnya "Hello world"'...'
) untuk membuat karakter, misalnya 'Hello world'//
) untuk komentar satu baris; Garis miring bintang (/*...*/
) untuk komentar yang lebih dari satu baris. Contoh :public static void main(String args[]){
// ini adalah komentar satu baris
System.out.println("Hello World");
// komentar akan diabaikan oleh komputer
// berikut ini fungsi yang di-non-aktifkan dengan komentar
// System.out.println("Hello World");
/*
Ini adalah penulisan komentar
yang lebih dari
satu baris
*/
}
{
dan ditutup dengan }, Contohnya :// blok program main
public static void main(String args[]){
System.out.println("Hello World");
System.out.println("Hello Kode");
// blok program if
if( true ){
System.out.println('True');
}
// blok program for
for ( int i = 0; i<10; i++){
System.out.println("Perulangan ke"+i);
}
}
;
), Contohnya :System.out.println("Apa kabar?");
var x = 3;
var y = 8;
var z = x +
y;
JAVA menyediakan fungsi untuk membuat program, antara lain :
// mengimpor Scanner ke program
import java.util.Scanner;
public class DataKaryawan {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel
String nama, alamat;
int usia, gaji;
// membuat scanner baru
Scanner keyboard = new Scanner(System.in);
// Tampilkan output ke user
System.out.println("### Pendataan Karyawan PT. Petani Kode ###");
System.out.print("Nama karyawan: ");
// menggunakan scanner dan menyimpan apa yang diketik di variabel nama
nama = keyboard.nextLine();
// Tampilkan outpu lagi
System.out.print("Alamat: ");
// menggunakan scanner lagi
alamat = keyboard.nextLine();
System.out.print("Usia: ");
usia = keyboard.nextInt();
System.out.print("Gaji: ");
gaji = keyboard.nextInt();
java.io, misalnya :
import java.io.BufferedReader;
import java.io.IOException;
import java.io.InputStreamReader;
public class ContohBufferReader {
public static void main(String[] args) throws IOException {
String nama;
// Membuat objek inputstream
InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in);
// membuat objek bufferreader
BufferedReader br = new BufferedReader(isr);
// Mengisi variabel nama dengan Bufferreader
System.out.print("Inputkan nama: ");
nama = br.readLine();
// tampilkan output isi variabel nama
System.out.println("Nama kamu adalah " + nama);
}
}
import java.io.Console;
public class InputConsole {
public static void main(String[] args) {
String nama;
int usia;
// membuat objek console
Console con = System.console();
// mengisi variabel nama dan usia dengan console
System.out.print("Inputkan nama: ");
nama = con.readLine();
System.out.print("Inputkan usia: ");
usia = Integer.parseInt(con.readLine());
// menampilkan isi variabel nama dan usia
System.out.println("Nama kamu adalah: " + nama);
System.out.println("Saat ini berusia " + usia + " tahun");
}
}
System.out.print(), akan menampilkan teks apa adanya, misalnya :
public static void main(String[] args) {
System.out.print("ini teks yang dicetak dengan print()");
}
System.out.println(), akan menampilkan teks dengan ditambah baris baru, misalnya :
public static void main(String[] args) {
System.out.println("sedangkan ini teks yang dicetak dengan println()");
}
System.out.format(), untuk menggabungkan String yang lebih kompleks, misalnya :
public class FormatString {
public static void main(String[] args) {
String namaDepan = "Petani";
String namaBelakang = "Kode";
System.out.format("Nama saya %s %s %n", namaDepan, namaBelakang);
}
}
Variabel dan tipe data pada JAVA meliputi :
char
: Tipe data karakter, contoh Z
int
: angka atau bilangan bulat, contoh 29
float
: bilangan desimal, contoh 2.1
double
: bilangan desimal juga, tapi lebih besar kapasitasnya, contoh 2.1
String
: kumpulan dari karakter yang membentuk teks, contoh Hello World!
boolean
: tipe data yang hanya bernilai true
dan false
if
, for
, switch
, dll.namaVariabel
Ada enam jenis kelompok operator dalam pemrograman Java, yaitu :
import java.util.Scanner;
public class OperatorAritmatika {
public static void main(String[] args) {
int angka1;
int angka2;
int hasil;
Scanner keyboard = new Scanner(System.in);
System.out.print("Input angka-1: ");
angka1 = keyboard.nextInt();
System.out.print("Input angka-2: ");
angka2 = keyboard.nextInt();
// penjumlahan
hasil = angka1 + angka2;
System.out.println("Hasil = " + hasil);
System.out.print("Input angka-1: ");
angka1 = keyboard.nextInt();
System.out.print("Input angka-2: ");
angka2 = keyboard.nextInt();
// pengurangan
hasil = angka1 - angka2;
System.out.println("Hasil = " + hasil);
System.out.print("Input angka-1: ");
angka1 = keyboard.nextInt();
System.out.print("Input angka-2: ");
angka2 = keyboard.nextInt();
// perkalian
hasil = angka1 * angka2;
System.out.println("Hasil = " + hasil);
System.out.print("Input angka-1: ");
angka1 = keyboard.nextInt();
System.out.print("Input angka-2: ");
angka2 = keyboard.nextInt();
// Pembagian
hasil = angka1 / angka2;
System.out.println("Hasil = " + hasil);
System.out.print("Input angka-1: ");
angka1 = keyboard.nextInt();
System.out.print("Input angka-2: ");
angka2 = keyboard.nextInt();
// Sisa Bagi
hasil = angka1 % angka2;
System.out.println("Hasil = " + hasil);
}
}
public class OperatorPenugasan {
public static void main(String[] args) {
int a;
int b;
// Pengisian nilai
a = 5;
b = 10;
// penambahan
b += a;
// sekarang b = 15
System.out.println("Penambahan : " + b);
// pengurangan
b -= a;
// sekarang b = 10 (karena 15-5)
System.out.println("Pengurangan : " + b);
// perkalian
b *= a;
// sekarang b = 50 (karena 10*5)
System.out.println("Perkalian : " + b);
// Pembagian
b /= a;
// sekarang b=10
System.out.println("Pembagian : " + b);
// Sisa bagi
b %= a;
// sekarang b=0
System.out.println("Sisa Bagi: " + b);
}
}
true
dan false, terdiri dari : lebih besar (>), lebih kecil (<), sama dengan (==), tidak sama dengan (!=), lebih besar sama dengan (>=),lebih kecil sama dengan (<=), misalnya :
public class OperatorPembanding {
public static void main(String[] args) {
int nilaiA = 12;
int nilaiB = 4;
boolean hasil;
// apakah A lebih besar dari B?
hasil = nilaiA > nilaiB;
System.out.println(hasil);
// apakah A lebih kecil dari B?
hasil = nilaiA < nilaiB;
System.out.println(hasil);
// apakah A lebih besar sama dengan B?
hasil = nilaiA >= nilaiB;
System.out.println(hasil);
// apakah A lebih kecil sama dengan B?
hasil = nilaiA <= nilaiB;
System.out.println(hasil);
// apakah nilai A sama dengan B?
hasil = nilaiA == nilaiB;
System.out.println(hasil);
// apakah nilai A tidak sama dengan B?
hasil = nilaiA != nilaiB;
System.out.println(hasil);
}
}
int
, long
, short
, char
, dan byte
terdiri dari : AND (&), OR (|), negasi (~), XOR (^), Left Shift (<<), Right Shift (>>), Left Shift unsigned (<<<), Right Shift unsigned (>>>),?
) dan titik-dua (:
) untuk memisah jawabannya, misalnya :public class OperatorTernary {
public static void main(String[] args) {
boolean suka = true;
String jawaban;
// menggunakan operator ternary
jawaban = suka ? "iya" : "tidak";
// menampilkan jawaban
System.out.println(jawaban);
}
}
Percabanagan dalam JAVA ada 3 jenis, yaitu :
import java.util.Scanner;
public class Hadiah {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel belanja dan scanner
int belanja = 0;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Total Belanjaan: Rp ");
belanja = scan.nextInt();
// cek apakah dia belanja di atas 100000
if ( belanja > 100000 ) {
System.out.println("Selamat, anda mendapatkan hadiah!");
}
System.out.println("Terima kasih...");
}
}
import java.util.Scanner;
public class CekKelulusan {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan Scanner
int nilai;
String nama;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Nama: ");
nama = scan.nextLine();
System.out.print("Nilai: ");
nilai = scan.nextInt();
// cek apakah dia lulus atau tidak
if( nilai >= 70 ) {
System.out.println("Selemat " + nama + ", anda lulus!");
} else {
System.out.println("Maaf " + nama + ", anda gagal");
}
}
}
import java.util.Scanner;
public class HitungGrade {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan scanner
int nilai;
String grade;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Inputkan nilai: ");
nilai = scan.nextInt();
// tentukan grade-nya
if ( nilai >= 90 ) {
grade = "A";
} else if ( nilai >= 80 ){
grade = "B+";
} else if ( nilai >= 70 ){
grade = "B";
} else if ( nilai >= 60 ){
grade = "C+";
} else if ( nilai >= 50 ){
grade = "C";
} else if ( nilai >= 40 ){
grade = "D";
} else {
grade = "E";
}
// cetak hasilnya
System.out.println("Grade: " + grade);
}
}
atau :
import java.util.Scanner;
public class LampuLalulintas {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel dan Scanner
String lampu;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Inputkan nama warna: ");
lampu = scan.nextLine();
switch(lampu){
case "merah":
System.out.println("Lampu merah, berhenti!");
break;
case "kuning":
System.out.println("Lampu kuning, harap hati-hati!");
break;
case "hijau":
System.out.println("Lampu hijau, silakan jalan!");
break;
default:
System.out.println("Warna lampu salah!");
}
}
}
import java.util.Scanner;
public class Kasir {
public static void main(String[] args) {
// deklarasi variabel dan Scanner
int belanjaan, diskon, bayar;
String kartu;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengambil input
System.out.print("Apakah ada kartu member: ");
kartu = scan.nextLine();
System.out.print("Total belanjaan: ");
belanjaan = scan.nextInt();
// proses
if (kartu.equalsIgnoreCase("ya")) {
if (belanjaan > 500000) {
diskon = 50000;
} else if (belanjaan > 100000) {
diskon = 15000;
} else {
diskon = 0;
}
} else {
if (belanjaan > 100000) {
diskon = 5000;
} else {
diskon = 0;
}
}
// total yang harus dibayar
bayar = belanjaan - diskon;
// output
System.out.println("Total Bayar: Rp " + bayar);
}
}
public class Tilang {
public static void main(String[] args) {
boolean SIM = false;
boolean STNK = true;
// cek apakah dia akan ditilang atau tidak
if(SIM == true){
if( STNK == true ) {
System.out.println("Tidak ditilang!");
}
} else {
System.out.println("Anda ditilang!");
}
}
}
Perulangan dalam pemrograman JAVA dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
class Bintang{
public static void main(String[] args){
for(int i=0; i <= 5; i++){
System.out.println("*****");
}
}
}
public class PerulanganForeach {
public static void main(String[] args) {
// membuat array
int angka[] = {3,1,42,24,12};
// menggunakan perulangan For each untuk menampilkan angka
for( int x : angka ){
System.out.print(x + " ");
}
}
}
int i = 0;
while ( i <= 10 ){
// blok kode yang akan diulang
System.out.println('Perulangan ke-' + i);
// increment nilai i
i++;
}
public class PerulanganDoWhile {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel
int i = 0;
do {
System.out.println("perulangan ke-" + i);
i++;
} while ( i <= 10);
}
}
public class PerulanganBersarang {
public static void main(String[] args) {
// membuat variabel
int x, y;
// melakukan parulang sebnayan x dan y kali
for (x = 0; x <= 5; x++){
for( y = 0; y <= 3; y++){
System.out.format("Perulangan [x=%d, y=%d] %n", x, y);
}
}
}
}
Array adalah sebuah variabel yang bisa menyimpan banyak data dalam satu variabel, menggunakan indeks untuk memudahkan akses terhadap data yang disimpannya, Indeks array selalu dimulai dari 0, menggunakan kurung siku []
untuk membuat array, macamnya meliputi :
import java.util.Scanner;
public class RuangKelas {
public static void main(String[] args) {
// Membuat Array dan Scanner
String[][] meja = new String[2][3];
Scanner scan = new Scanner(System.in);
// mengisi setiap meja
for(int bar = 0; bar < meja.length; bar++){
for(int kol = 0; kol < meja[bar].length; kol++){
System.out.format("Siapa yang akan duduk di meja (%d,%d): ", bar, kol);
meja[bar][kol] = scan.nextLine();
}
}
// menampilkan isi Array
System.out.println("-------------------------");
for(int bar = 0; bar < meja.length; bar++){
for(int kol = 0; kol < meja[bar].length; kol++){
System.out.format("| %s | \t", meja[bar][kol]);
}
System.out.println("");
}
System.out.println("-------------------------");
}
}
import java.util.ArrayList;
public class Doraemon {
public static void main(String[] args) {
// membuat objek array list
ArrayList kantongAjaib = new ArrayList();
// Mengisi kantong ajaib dengan 5 benda
kantongAjaib.add("Senter Pembesar");
kantongAjaib.add(532);
kantongAjaib.add("tikus");
kantongAjaib.add(1231234.132);
kantongAjaib.add(true);
// menghapus tikus dari kantong ajaib
kantongAjaib.remove("tikus");
// Menampilkan isi kantong ajaib
System.out.println(kantongAjaib);
// menampilkan banyak isi kantong ajaib
System.out.println("Kantong ajaib berisi "+ kantongAjaib.size() +" item");
}
}
Prosedur/fungsi/method yang selanjutnya disebut fungsi, dapat memecah program menjadi sub-sub program, sehingga kita bisa membuat program lebih efisien, dimana :
void
.misalnya :
class BelajarFungsi {
// membuat fungsi ucapSalam()
static void ucapSalam(){
System.out.println("Selamat Pagi");
}
// membuat fungsi main()
public static void main(String[] args){
// memanggil/eksekusi fungsi ucapSalam()
ucapSalam();
}
}
CSS atau Cascading Style Sheet digunakan untuk mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup, berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya di situs, dibuat dan dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) pada tahun 1996 dan sekarang sudah versi CSS3. HTML dan CSS memiliki keterikatan yang erat. Karena HTML adalah bahasa markup (fondasi situs) dan CSS memperbaiki style (untuk semua aspek yang terkait dengan tampilan website), maka kedua bahasa pemrograman ini harus berjalan beriringan.
Komponen CSS terdiri dari 2 bagian, yaitu :
p {
color: blue;
}
.pink {
color: white;
background: pink;
padding: 5px;
}
#
) di depannya, misalnya :#header {
background: teal;
color: white;
height: 100px;
padding: 50px;
}
input[type=text] {
background: none;
color: cyan;
padding: 10px;
border: 1px solid cyan;
}
padding
dan margin
tersebut, misalnya :* {
border: 1px solid grey;
}
a:hover {
color: green;
}
p::first-line {
color: magenta;
}
Berdasarkan peletakan codenya, CSS dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
<h1 style="font-size:30px;color:#0C4FF5;">Hello World!</h1>
<html>
<head>
<style>
Body { background-color:#0C4FF5; }
p{ font-size:20px; color:white; }
</style>
</head>
<body>
<h1>Inline CSS</h1>
<p>Ini adalah kalimat pertama saya.</p>
</body>
</html>
<html>
<head>
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="style.css">
</head>
<body>
<h1>Inline CSS</h1>
<p>Ini adalah kalimat pertama saya.</p>
</body>
</html>
<html>
<head>
<style>
@import url("style.css");
</style>
</head>
<body>
<h1>Inline CSS</h1>
<p>Ini adalah kalimat pertama saya.</p>
</body>
</html>
Buat file style.css dengan code berikut :
body { background-color:#0C4FF5; }
p{ font-size:20px; color:white; }
Property CSS dasar, meliputi :